Minggu, 28 Maret 2010

PerbedaaN AntarA KipaS AngiN & AC

antara AC dan kipas angin

Celoteh pada 17 June 2008 dalam topik celoteh [ Print This Post ] - 931 views

memilih antara air conditioning (AC) dan kipas angin, sebenarnya ingin lebih memilih kipas angin. walaupun udara ibukota jauh lebih panas dan tak nyaman bila tak ber-AC. namun menjadi sulit ketika sebagian banyak orang yang lebih sepakat dengan AC. dingin, demikian ujar mereka.

menghemat energi, dapat dimulai dengan membuat sebuah perencanaan yang berbeda dalam membuat sebuah bangunan. mulai dari peletakan jendela, bentuk dan arah bukaan, hingga pada aliran sirkulasi udara. peletakkan barang dan ruang, menjadi penting untuk mengefektifkan energi yang digunakan.

ruang kerja, harus memang menjadi nyaman. udara yang dingin dan menyejukkan, serta tak membuat harus meminum cairan yang menolak angin. suasana dan produktifitas kerja juga akan sangat tergantung pada banyaknya oksigen yang masuk pada otak, yang dibawa oleh darah, hasil dari proses pernafasan.

sederhana, langkah untuk melakukan penghematan energi. walau juga, tak melupakan untuk mendesak nasionalisasi aset-aset asing di sektor pertambangan minyak dan gas alam, serta memandirikan kampung-kampung dalam hal pengelolaan energi. perubahan, bukan hal yang tak mungkin terjadi.

tak penting antara AC dan kipas angin !

3 komentar: